Prabowo: Belum Mulai Saja Udah Ada yang Nyoblos Nyoblos Sendiri

259

kanalberita.net – Calon presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto berkomentar soal ditemukannya surat suara yang telah tercoblos paslon rivalnya, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin.

“Katanya pemilu jujur, bersih, adil, tapi belum mulai saja udah ada yang nyoblos nyoblos sendiri,” kata Prabowo saat menghadiri deklarasi dukungan dari Aliansi Advokat Indonesia Bersatu di Jakarta, Kamis (11/4/2019), dikutip dari kompas.com.

Prabowo memperlihatkan rasa kesalnya atas kasus tersebut. Ia menganggap bahwa kecurangan di pemilu adalah bentuk pelanggaran terhadap kehendak rakyat. Pasangan Sandiaga Uno di Pilpres 2019 tersebut lantas membuat pengandaian berupa permainan sepakbola.

“Manusia tidak suka dibohongi, tidak suka dicurangi. Ibarat main sepak bola kita lihat wasit tidak netral, memihak satu kesebelasan, hakim garis demikian, semua aturan dilanggar. Kita mau enggak ikut main dalam pertandingan seperti itu?” kata Prabowo.

Ia meyakini masyatakat Indonesia enggan untuk ikut dalam permaianan tersebut. “Manusia yang normal tidak mau dan saya yakin mayoritas masyarakat indonesia manusia yang normal. Manusia yang punya akal sehat,” lanjutnya.

Prabowo menegaskan bahwa rakyat Indonesia memiliki harga diri, sehingga tak mau terus menerus dibohongi. “Walau pun miskin tapi rakyat Indonesia punya harga diri,” sambung Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Capres petahana, Jokowi meminta masyarakat menyerahkan proses pengusutan kasus surat suara yang telah tercoblos tersebut ke Bawaslu.

Jokowi juga mengingatkan agar tidak mengangkat wacana yang yang belum jelas. “Ya dicek sajalah, kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran laporkan saja ke Bawaslu. Mekanismenya jelas kok, nggak usah diangkat isu-isu yang nggak jelas,” ujar Jokowi kepada wartawan di Depok, Kamis (11/4/2019), dikutip dari detik.com.