Terungkap! Ternyata Mendiang Yana Zein Menganut Agama Ini

1371

kanalberita.net Salah satu aktris peran Tanah Air, Yana Zein, meninggal dunia karena kanker payudara dan kanker kelenjar getah bening yang sudah terlanjur parah. Yang menjadi pertanyaan publik, apakah sebenarnya agama mendiang Yana Zein? Karena pemakamannya sempat menuai drama dan menimbulkan teka-teki.

Nita yang merupakan asisten almarhumah akhirnya angkat bicara terkait hal ini.

“Dia bilang sama aku, agamanya Kristen Ortodoks, jadi mereka punya gereja kalau pulang ke Rusia,” ungkap Nita saat berbincang dengan media, sebagaimana direportasekan dalam Tribunnews, hari ini Sabtu (3/6/2017).

Tak banyak orang yang tahu, mendiang Yana Zein lahir dari pernikahan berbeda agama. Ibunya yang asal Rusia memang seorang Nasrani yang ortodoks, sedangkan ayahnya seorang muslim. Kedua orangtua Yana tetap mempertahankan agama mereka masing-masing dalam kelangsungan rumah tangga mereka. Oleh sebab itu, terkait mendiang akan dimakamkan dengan cara agama apa, sempat menimbulkan perdebatan.

Beragama Kristen namun hafal Ayat Al-Quran

Namun terkait hal ini, semasa hidupnya Yana Zein pernah blak-blakan pada Nita sang asisten. Almarhum Yana Zein mengaku dirinya penganut Kristen Ortodoks. Meski begitu, dan ini yang menarik, Yana diketahui tetap hafal beberapa surat dalam kitab suci Al-Quran.

Selama pengobatannya di Guangzhou, China, Yana seringkali didoakan oleh pendeta. Oleh pelayanan gereja di rumah sakit, Yana juga sering didoakan. Namun Nita yang mendampingi Yana setahun terakhir ini bercerita, ternyata Yana hafal beberapa surat dalam kitab suci Al-Quran.

Fakta tersebut dikarenakan sedari kecil Yana memang tinggal bersama ayahnya memeluk yang agama Islam, Nurzaman Zein.

“Dia kayak baca Al Fatihah, dan ayat Kursi dia bisa, mungkin dari ayahnya. Teman-teman dia juga tahunya dia Islam,” tukas Nita.