Banding Ditolak, Messi Dihukum 21 Bulan Penjara Karena Kasus Pajak

564

kanalberita.net – Lionel Messi dan ayahnya harus menerima kenyataan pahit, Mahkamah Agung Spanyol pada pekan ini menolak banding yang diajukan pemain Bercelona tersebut terkait kasus penggelapan pajak.

Karena dituduh mencurangi pajak, pemain internasional Argentina itu dan ayah sekaligus agennya, Jorge Horacio Messi harus menerima hukuman 21 bulan penjara.

Seperti diwartakan tempo.co, Messi dan ayahnya dituduh menipu pajak senilai 4,1 juta euro antara 2007 dan 2009. Keduanya dianggap tak membayar 10,1 juta euro dari hak image.

Pada tahun 2016 silam, Pengadilan Barcelona menatapkan jika Messi bersalah ata pelangaran yang disangkakan padanya. Selepas itu pihak Messi melakukan banding, namun Mahkamah Agung Spanyol menguatkan keputusan Pengadilan Barcelona. Akan tetapi hukumannya dikurangi menjadi 15 bulan penjara, pasalnya Messi telah mengembalikan uang yang diperkarakan.

Meski Messi divonis bersalah dan dihukum, ia tidak akan dijebloskan ke penjara. Messi dan ayah hanya akan menjalani masa percobaan selama dua tahun. Pihak MA Spanyol berdalih apabila hukuman masih di bawah 2 tahun, maka sang terdakwa tak perlu mendekam di balik jeruji besi.

Sebelumnya Messi sempat berkelit bahwa selama ini dirinya tidak mengerti sama sekali mengenai uang, terutama soal pajak.

“Saya berdedikasi untuk bermain sepak bola,” kata Messi saat memberi kesaksian di pengadilan Barcelona. “Saya mempercayai ayah dan pengacara yang telah kami pilih untuk menangani urusan kami. Tidak lama, saya berpikir bahwa mereka bisa menipu saya. “