Awas! Tangan dan Kaki Mati Rasa Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

467

kanalberita.net – Tangan atau kaki yang tiba-tiba mati rasa bukan hal yang aneh lagi terjadi pada sebagian besar masyarakat. Keluhan ini biasanya diabaikan karena akan hilang dalam beberapa saat.

Padahal sebenarnya tangan dan kaki mati rasa bisa menjadi satu tanda adanya penyakit berbahaya yang ada di dalam tubuh. Apalagi jika kondisi itu terjadi seringkali dan secara rutin.

Seperti dilansir merdeka.com, Minggu (21/5/2017), mengutip dari laman boldsky.com mengungkapkan jika tangan dan kaki mati rasa yang datang tiba-tiba merupakan tanda ada penyakit tertentu.

Penyakit pertama yang menyebabkan tangan maupun kaki Anda tiba-tiba terasa kebas adalah diabetes. Neuropati perifer alias mati rasa biasanya datang dari kedua kaki dan menjalar ke tubuh bagian atas.

Alasan lain yang menyebabkan tangan atau kaki Anda mati rasa adalah penyakit sistemik. Penyakit ini biasanya menyerang tidak hanyak satu organ tunggal saja.

Contoh dari penyakit sistemik adalah kelainan ginjal, penyakit vaskular, ketidakseimbangan hormon hingga tumor yang menyerang saraf. Penyakit-penyakit ini menyebabkan tangan dan kaki mati rasa.

Berikutnya ada penyakit multiple sclerosis yang tak jarang menyebabkan penderitanya mengalami mati rasa pada tangan dan kaki mereka.

Penyebab dari kondisi ini adalah multiple sclerosis mengganggu selubung myelin. Akibatnya adalah terjadi kerusakan pada sistem saraf pusat dan selanjutnya akan mengganggu keseimbangan tubuh.

Tangan dan kaki mati rasa juga dapat terjadi karena adanya plak yang menumpuk pada arteri. Kondisi ini dikenal dengan nama peripheral arthery disease.

Ketika terjadi penumpukan lemak, kalsium, jaringan fibrosa dan kolesterol, maka darah akan ikut tersumbat dan tak dapat mengalir ke kepala maupun organ tubuh lain yang membutuhkan darah.

Apabila plak yang menumpuk tidak segera diatasi, suplai oksigen yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh pun akan terganggu. Hasilnya adalah rasa kebas yang menyerang salah satu bagian tubuh.

Neuralgia tibialis posterior atau tarsal tunnel syndrome juga dapat menyebabkan tangan dan kaki mati rasa. Bahkan kondisi tersebut bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh apabila tak segera diatasi.

Tarsal tunnel syndrome yang sudah cukup parah bahkan dapat menyebabkan kerusakan saraf secara permanen. Inilah yang wajib diwaspadai.

Walaupun kondisi rasa kebas pada tangan dan kaki yang biasa kita rasakan ini tampak sepele, namun terkadang tangan dan kaki mati rasa merupakan tanda awal dari penyakit berbahaya.