Dengan Solusi Mudah Ini, Anda Bisa Atasi Sulit Buang Air Besar

431

kanalberita.net – Sulit buang air besar atau BAB memang tidak hanya menyebabkan seseorang menderita. Sembelit alias konstipasi juga bisa berisiko meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya.

Adapun penyebab dari kesulitan buang air besar adalah karena pergerakan tinja atau feses pada usus bergerak lambat. Masalah ini biasanya terjadi karena kurang aktivitas fisik, cairan dan juga serat.

Seperti yang dilansir kompas.com, Sabtu (20/5/2017), meskipun untuk mengatasi susah buang air besar tidak terlalu sulit, ternyata cukup banyak orang yang masih mengabaikan masalah kesehatan yang satu ini.

Jika masalah kesulitan buang air besar diabaikan, gangguan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengatasi sulit buang air besar yang sering dialami oleh hampir semua orang:

Menurut penelitian, kurangnya cairan adalah alasan utama gangguan pencernaan dan menyebabkan sembelit. Untuk itulah, disarankan untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan yang penting bagi tubuh.

Sementara itu berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Digestive Diseases and Science, dengan membiasakan tubuh duduk dalam posisi jongkok bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Banyak pakar kesehatan menyarankan pasien yang mengalami kesulitan untuk BAB dengan berlatih duduk jongkok atau rutin menjalani latihan dengan gerakan squat.

Penting untuk mengawali hari dengan meminum air hangat. Hal tersebut diungkapkan Dr Felice Schnoll-Sussman, seorang gaestroenologist. Dia menyarankan mencampur air hangat dengan perasan lemon.

Rutin mengonsumsi campuran air hangat dengan air perasan jeruk lemon di pagi hari akan membantu sisa-sisa makanan yang tertinggal di perut terbuang dengan tuntas.

Cara selanjutnya untuk mengatasi sulit buang air besar adalah dengan meminum teh, khususnya seduhan teh peppermint hangat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di University of Maryland, teh peppermint dapat mencegah gangguan usus penyebab sulit buang air besar.

Ramuan herbal tersebut sangat efektif dan ampuh untuk melatih sistem otot yang ada pada organ pencernaan kembali produktif.

Dengan solusi mudah mengatasi sulit buang air besar di atas, Anda tidak akan lagi bergulat dengan mood yang terganggu maupun masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh sembelit.