Habib Rizieq Enggan Pulang ke Indonesia, Begini Komentar Ketum MUI

4346

kanalberita.net – Ketua Umum (Ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin tidak banyak mengeluarkan pernyataanya mengenai kasus yang mebelit pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Seperti diwartakan detik.com, KH. Ma’ruf menyatakan tidak mengetahui alasan Habib Rizieq tidak segera kembali ke Indonesia dan memilih tinggal di Arab Saudi.

“Itu yang saya tidak tahu masalahnya apa yang tahu polisi. Kenapa Rizieq tidak pulang yang tahu ya Rizieq. Jadi kalau saya yang menilai, saya takut saya salah menilai,” kata Ma’ruf saat ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Lebih lanjut, KH. Ma’ruf menyatakan jika sebagai warga negara sepaturnya Habib Rizieq mengikuti proses hukum yang telah berjalan.

“Iya harus (patuh hukum), kalau mematuhi hukum semua harus mematuhi, kita sebagai warga negara. Sebagai negara hukum kita harus mematuhi pada proses hukum,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah sempat berkomunikasi dengan Habib Rizieq, KH. Ma’ruf menyatakan tidak pernah. “Tidak ada,” jawabnya.

Ia juga menyatakan tidak mengetahui detil persoalan yang tengah membelit Habib Rizieq. Tetutama kasus percakapan mesra yang diduga dilakukan oleh Habib Rizieq dengan Firza Husein.

“Ya itu yang saya tidak tahu, masalahnya apa, kasusnya apa, benar atau tidak, apa kriminalisasi apa bukan saya tidak tahu persis. Kalau saya bilang kriminalisasi nanti bukan, kalau dibilang bukan nanti kriminalisasi. Saya secara utuh tidak tahu (kasusnya),” tutup KH. Ma’ruf.