Awas! Kulit Kering dan Mengelupas Bikin Penampilan Terganggu

236

kanalberita.net – Perubahan musim dengan cuaca yang tidak menentu memang dapat menyebabkan banyak masalah. Salah satunya adalah kondisi kulit kering.

Meskipun sebenarnya gangguan kesehatan yang satu ini bisa terjadi karena banyak alasan, namun pengaruh dari cuaca memiliki peranan yang cukup besar.

Tingkat kelembaban udara yang rendah dapat menyebabkan timbulnya gangguan kulit, seperti kering dan gatal. Terlebih jika Anda bekerja di dalam ruangan ber-AC.

Namun ada beberapa cara yang terbukti efektif untuk membantu mengatasi kulit kering yang menyebabkan rasa tak nyaman, seperti dilansir dream.co.id, Rabu (3/5/2017).

Sangat disarankan untuk mencuci wajah menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit kering. Lakukan di pagi hari, dan setelah itu segera aplikasikan krim wajah yang mengandung pelembab ekstra.

Perlu diingat, jika bukan hanya kaum wanita saja yang membutuhkan perawatan untuk mencegah kulit kering di masa pancaroba seperti saat ini. Bahkan pria pun direkomendasikan menjaga kelembaban kulit.

Hindari untuk mandi dengan menggunakan air panas di saat perubahan musim seperti sekarang. Karena bukan sensasi nyaman yang didapatkan, justru ketegangan pada kulit semakin terasa.

Jika Anda terlalu berlebihan mandi dengan air panas, kelembaban alami kulit akan cepat menguap dan menyebabkan kulit semakin kering dan mudah menjadi pecah-pecah.

Walaupun tangan rasanya gemas untuk mengelupas kulit yang terasa kering, namun hal tersebut justru semakin memperparah kondisi kulit kering yang Anda alami dan bisa menyebabkan iritasi.

Sebaiknya untuk menyingkirkan kulit kering yang telah mengganggu, lakukan proses eksfoliasi atau pegelupasan dengan menggunakan scrub lembut atau kain yang lembut.

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit tubuh adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh.

Disarankan untuk mengonsumsi air sebanyak 2 liter, namun perhatikan aktivitas fisik yang Anda lakukan. Semakin aktif Anda, maka semakin banyak air yang dibutuhkan tubuh.

Untuk mengatasi rasa bosan akan air mineral, Anda dapat menambahkan beberapa potongan buah maupun sayuran segar ke dalam botol yang berisi air mineral.

Dengan cara-cara di atas, meskipun cuaca tengah tidak menentu, kesehatan dan kelembaban alami kulit Anda tetap bisa terjaga.