Bahaya Mengerikan Ini Incar Mereka yang Main Ponsel Sebelum Tidur!

580

kanalberita.net – Salah satu gaya hidup modern yang rasanya mustahil untuk ditinggalkan adalah mengoperasikan gadget. Bahkan karena tidak ingin ketinggalan berita terbaru yang sedang ramai diperbincangkan di dunia maya, tak jarang waktu menjelang tidurpun ponsel masih menyala.

Padahal sudah banyak penelitian yang mengungkap bahayanya memainkan gadget sebelum tidur. Efek negatif yang datang dari layar smartphone bisa meningkatkan risiko terganggunya kesegatan.

Dilansir tribunstyle.com, Kamis (11/5/2017), untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Sementara itu, kebiasaan menggunakan telepon seluler yang sering dilakukan sebelum tidur, justru dapat mengakibatkan terganggunya kualitas dan pola tidur seseorang. Di bawah ini beberapa bahaya yang mengincar kesehatan karena memainkan ponsel menjelang tidur:

Cahaya biru atau blue light yang terpancar dari layar ponsel dapat mendorong otak untuk memproduksi hormon melatonin. Hormon tersebut yang bertugas mengatur siklus tidur dan bangun tubuh kita. Adanya sinar biru tersebut membuat tubuh salah mengenali waktu tidur.

Tidak hanya itu. Menurut sebuah penelitian, terbukti jika seseorang mengoperasikan ponsel di dalam ruangan yang gelap, maka mereka akan mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih buruk dibandingkan apabila mereka bermain handphone di dalam ruangan yang terang.

Hasil dari penelitian yang dilakukan Baylor University pun menyetujui, bermain ponsel menjelang tidur dapat berakibat fatal. Salah satunya adalah risiko seperti depresi, perilaku temperamental dan juga kemurungan yang semakin meningkat.

Efek negatif dari bermain ponsel menjelang jam tidur berikutnya adalah dapat memicu fobia atau rasa cemas berlebihan jika berada jauh dari gadget. Fobia tersebut dinamakan nomophobia yang sebenarnya merupakan singkatan dari no phone mobile phobia.

Padahal setelah seharian beraktivitas, belum lagi jika seseorang bekerja di depan layar komputer di kantor, menonton televisi dan ditambah dengan kebiasaan mengoperasikan ponsel di malam hari hingga menjelang jam tidur, bisa menyebabkan ketegangan pada mata.

Akibat dari tegangnya otot mata dapat meningkatkan risiko mata kering hingga kerusakan pada mata. Untuk itu disarankan setidaknya berhenti memainkan ponsel kurang lebih dua jam sebelum tidur di malam hari.