Gila! Gaji Pegawai Magang Facebook Bisa Saingi Gaji Presiden! Berapa Jumlahnya?

391

kanalberita.net – Bagi pegawai magang mungkin tidak terlalu berharap mendapatkan gaji yang sesuai. Dikenal sebagai ‘anak kemarin sore’ yang belum memiliki cukup banyak pengalaman dalam bidang tertentu, tak jarang pendapatan sebagai pegawai magang jauh dari rata-rata. Atau bahkan ada juga pegawai magang yang sama sekali tidak mendapatkan gaji.

Namun tidak demikian dengan pegawai magang yang bekerja di perusahaan-perusahaan raksasa teknologi di Amerika Serikat. Mereka sering menerima mahasiswa dari berbagai penjuru negeri untuk bekerja menjadi pegawai magang dengan bayaran yang bisa dibilang cukup lumayan.

Jangan dikira jika mereka yang bekerja hanya sebagai pegawai magang tak menerima bayaran setiap bulan dan hanya mendapatkan uang makan serta uang untuk transportasi saja.

Dilansir CNN Money seperti dikutip tribunnews.com, Jumat (5/5/2017), para pegawai magang yang bekerja di perusahaan-perusahaan ternama Amerika Serikat bisa menerima gaji hingga ribuan dollar AS setiap bulannya.

Seperti daftar 25 gaji magang tertinggi oleh perusahaan-perusahaan bergengsi di Amerika Serikat yang disusun oleh Glassdoor, pegawai magang yang bekerja di Facebook mendapatkan rata-rata 8.000 dollar AS per bulan. Nilai gaji tersebut jika dikurskan ke rupiah adalah sekitar Rp 206 juta dengan kurs Rp 13.300 per dollar AS.

Apabila dikalkulasikan, gaji para pegawai magang di Facebook dalam kurun waktu setahun bisa mencapai sekitar 96.000 dollar AS atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

Dengan jumlah nilai yang begitu tinggi, bahkan gaji yang diterima oleh pegawai magang Facebook jauh di atas sekitar lebih dari tiga kali lipat dari gaji Presiden Joko Widodo. Jokowi hanya mendapatkan gaji sekitar Rp 63 juta saja per bulan.

Sementara Microsoft menawarkan gaji rata-rata bagi pegawai yang magang di perusahannya hingga mencapai 7.100 dollar AS per bulan atau yang setara dengan Rp 94,4 juta. Gaji yang didapatkan pegawai magang di Microsoft berada di peringkat kedua, termasuk gaji tertinggi setelah Facebook.

Tak jauh berbeda dengan gaji pegawai magang di Salesforce, Amazone, Apple, Yelp, Yahoo dan Dell yang masing berada di peringkat 10 besar dengan gaji rata-rata yang diterima berkisar 6.080 hingga 6.450 dollar AS perbulan atau sekitar RP 80,8 juta sampai Rp 85,7 juta.

Pegawai magang di perusahaan Google mendapatkan gaji sekitar 6.000 dollar AS per bulan atau yang setara dengan nilai Rp 79,8 juta. Gaji yang diterima pegawai magang di Google termasuk yang tertinggi ke-11 dari perusahaan-perusahaan lainnya.