Tak Selamanya Penjara Menakutkan, Penjara di Swiss Buktinya!

438

kanalberita.net – Pada saat mendengar kata penjara, tentu yang terbesit adalah sebuah tempat sempit mengerikan dan dipenuhi oleh orang-orang bertampang keji dan bengis dengan tato menghiasi tubuh mereka. Bahkan tak jarang terbayang di dalam pikiran kita, jika sel-sel penjara merupakan tempat yang menjijikkan dengan bau busuk menyesakkan dada.

Tapi itu sebelum Anda melihat penjara manis yang ada di kota Biel Bienne, Swiss. Karena tak seperti penjara yang kita kenal maupun penjara yang Anda lihat di banyak film aksi. Penjara di kota ini justru memilih pink sebagai warna utamanya. Pemilihan warna tersebut membuat penjara ini terlihat unik serta lebih menggemaskan.

Bahkan tidak hanya dinding dan sel penjara saja yang berwarna pink. Ya, jika di penjara lain para tahanan mengenakan seragam berwarna suram, seperti coklat, abu-abu atau warna terang mencolok seperti oranye. Maka di Biel Bienne ini, para tahanan mendapatkan seragam berwarna pink. Senada dengan warna dasar dari penjara tersebut.

Seperti dilansir dalam  Hipwee.com, Selasa (2/5/2017), pemilihan konsep tersebut telah diterapkan pertama kalinya pada tahun 2005 lalu di penjara tersebut. Diungkapkan oleh juru bicara polisi Biel Bienne, warna pink dapat meningkatkan suasana positif di dalam penjara. Dalam penelitian terkait warna, pink digambarkan sebagai warna yang memberikan efek menenangkan.

Warna pink memang merupakan warna yang menyenangkan. Hal itu terbukti dengan banyaknya penjara lain yang ada di Eropa yang justru meniru gerakan Cool Down Pink ini. Sebut saja seperti penjara di kota Dortmund, Hagen, Kleve hingga Attendorn.

Sementara itu menurut Daniela Spath, seorang psikolog, pun angkat bicara mengenai dipilihnya warna pink di penjara tersebut. Menurutnya warna pink dapat memberikan efek positif. Dibuktikan, bahwa setelah para tahanan mendekam selama 2 jam di sel penjara berwarna pink, sifat agresif mereka pun berkurang.

Bagi kita yang melihat warna pink menyelimuti penjara mungkin akan merasa damai. Namun menurut Peter Zimmerman, juru kampanye reformasi penjara Swiss, sensasi yang berbeda dirasakan oleh para tahanan yang mendekam di penjara pink. Pemilihan warna ini dianggap membuat mereka malu. Efek jera tersebutlah yang diharapkan menimbulkan rasa kapok mereka sebelum berbuat kejahatan.