Heboh! Lokasi Ini Disebut Sebagai Pintu Neraka

363

285E499500000578-3070043-The_crater_has_a_diameter_of_about_70m_and_is_located_in_rural_T-a-34_1430954350860

kanalberita.net – Neraka adalah tempat yang paling ditakuti oleh umat manusia di muka bumi, tapi siapa sangka kita dapat menemukan pintu menuju neraka di dunia. Ya, pintu itu disebut-sebut sebagai jalur masuk ke neraka dan dapat ditemukan di Turkmenistan.

Awal mula isu ini berkembang dari broadcast di sebuah medsos, foto yang beredar disertai dengan narasi yang dilengkapi dengan kutipan ayat suci.

Door to Hell, saat ini menjadi viral di dunia maya. Lokasi tersebut kini dijadikan atraksi wisata oleh pemerintah setempat.

Apabila kita liburan ke Turkmenistan, kita tidak hanya dimanjakan oleh sistem budayanya yang menarik, namun kita juga dapat menikmati keajaiban alamnya.

Door to Hell di Gurun Karakum, lokasi tersebut hanya berjarak 264 km dari Ibukota Ashgabat dan memerlukan waktu 3 jam untuk mencapai tempat tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana mengerikannya tempat tersebut.

Seperti yang dilansir oleh detik.com, Jumat(5/8/16), ada sebuah lubang raksasa menganga seperti kawah gunung berapi. Di dalam lubang tersebut terdapat nyala api yang membara dan menjilat-jilat. Bila dilihat dari gambarannya, ini seperti neraka di bumi. Maka tidak heran lokasi ini diberi nama Door To Hell.

Asal muasal bagaimana tempat ini terjadi adalah bermula dari kesalahan yang fatal dalam pengeboran saat mengeksplorasi gas alam di Turkmenistan. Turkemenistan merupakan Negara pecahan Uni Soviyet dan kaya dengan gas alam.

GatewayToHellSuit

Pada saat pengeboran, bor tersebut menembus gua bawah tanah dan kemudian tanah diatasnya longsor membentuk sebuah kawah besar. Awal mulanya, kawah tersebut hanya mengeluarkan gas. Namun, para insinyur sepakat untuk membakarnya agar gas tersebut tidak meracuni warga sekitarnya. Perkiraan mereka api tersebut akan padam dalam waktu yang singkat, namun kenyataannya hingga 40 tahun lebih api di dalam kawah tersebut tetap membara.

Akibat dari pengeboran yang dilakukan pada tahun 1971 berujung penutupan wilayah ini sebagai lokasi penambangan.

Mulai dari 2014, lokasi yang dulunya merupakan wilayah eksplorasi gas alam berubah menjadi sebuah taman nasional. Para wisatawan yang ingin melihat kawah fenomenal ini dapat menggunakan jeep, quad bike alias ATV, atau dengan naik unta.

Turkmenistan yang dulunya belum dikenal sebagai salah satu tujuan wisatawan dunia, perlahan dengan fenomena kawah ini menjadi lebih dikenal.

Warga lokal menamai kawah ini dengan Kawah Derweze. Media sosial juga ternyata berperan penting dalam mempromosikan lokasi ini dan banyak mengundang para perhatian Netizen sehingga info ini makin luas disebarkan.

Sumber :detik.com