Bangga! Senjata Buatan Pindad Tembus Rompi Antipeluru Buatan Amerika

941

m4-carbine-rev2

kanalberita.net – Senjata Buatan RI Mampu Tembus Rompi Antipeluru dan Sukses Memukau Negara Lain. Senjata buatan asli putra bangsa kini unjuk gigi dan tidak dapat diremehkan begitu saja. Akhir-akhir ini PT Pindad (Persero) sebagai salah satu BUMN yang memproduksi senjata menunjukkan kemampuan mereka yang sesungguhnya di dunia internasional.

Senjata yang mampu menembus rompi antipeluru Amerika Serikat tersebut adalah Senapan Serbu 1 Varian 1 (SS1V1). Senjata tersebut diuji cobakan pada saat setting senjata atau yang disebut dengan zeroing saat sedang menjalani Latihan Rim of Pasific di Kaneohe Bay Marine Corps Base, hawaii, Honolulu, Amerika Serikat.

Indonesia sendiri dibawah pimpinan Komandan Satgas Marinir Indonesia Mayor Mar Indra Fauzi Umar mengirimkan 45 orang anggota terbaiknya.

Indra menambahkan bahwa zeroing senjata adalah program tambahan sebelum latihan yang sesungguhnya dilaksanakan. Zeroing dilakukan dengan tujuan membedah mekanisme senjata yang akan dipakai oleh para anggota.

”Zeroing untuk mengenalkan senjata, tujuannya agar bidikan tepat,” ujar Indra seperti dikutip sindonews.com.

Zeroing atau yang dapat disebut dengan proses pengenalan senjata itu merupakan peristiwa menarik yang ditunggu-tunggu dalam event latihan bersama oleh para anggota kompi.

Setiap negara yang mengikuti kegiatan ini pasti akan penasaran dengan senjata-senjata apa saja yang akan digunakan oleh orang lain.

”Saat itu USMC menggunakan senjata jenis M4, Australia menggunakan Steyr, dan kita (Indonesia) menggunakan produk Pindad,” jelas Indra.

Sedangkan uji coba senjata ini memiliki jarak standar zeroing sepanjang 25 meter, atau dapat dikatakan seperempat jarak dari keadaan yang sesungguhnya. Semua senjata yang digunakan harus diuji coba dalam zeroing supaya masing-masing anggota kompi mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing senjata yang dimiliki.

Namun, ketika senjata SS1V1 ini diuji cobakan dan mampu menembus rompi antipeluru AS, banyak pihak yang tercengang. USMC pun kemudian membuat laporan kepada atasan mereka. Akhirnya senjata SS1V1 tersebut laris manis ingin dicoba oleh anggota kompi dari negara-negara lain.

SS1V1 memiliki keunggulannya tersendiri. Lebih mengejutkannya lagi, ia dapat melampaui senjata Steyr dan M4. Senjata ini juga mampu menaikkan rasa percaya diri. Bahkan, setelah acara selesai, banyak anggota tentara dari negara lain yang mengunjungi camp tentara Indonesia kemudian mengajak berkenalan dan saling bertukar kenang-kenangan.

Namun, keberhasilan yang telah diraih jangan dijadikan alasan untuk berpuas diri dan tidak untuk melanggar batasan-batasan yang ada seperti dilansir jpnn.com.