Istri Donald Trump Dituduh Jiplak Pidato Istri Barack Obama

726

1468949132133.cached

kanalberita.net – Meski Donald Trump telah resmi terpilih menjadi calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, publik masih dihebohkan dengan kabar mengenai tudingan yang alamatkan kepada istrinya. Melania Trump, istri Trump dituduh telah menyontek pidato Michelle Obama saat mendukung suaminya Barack Obama di konvensi Demokrat tahun 2008.

Seperti dilansir dari antaranews.com, ada satu bagian dari pidato Melania Trump, di Konvensi Nasional Republik, Senin malam (18/7) yang menyerupai pidato istri Obama. Ada beberapa bagian yang dinilai banyak orang sebagai bentuk penjiplakan.

beberapa bagian yang dianggap mirip adalah ketika Melania menceritakan kisah kepindahannya ke Amerika Serikat dan mengenai rasa cintanya kepada sang suami.

Seperti dilansir CNN, dalam pidatonya Melania Trump antara lain mengatakan:

Sejak masih kecil, orangtua saya menekankan nilai-nilai bahwa kau harus bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kau inginkan dalam hidup, bahwa perkataanmu adalah ikatanmu dan kau melakukan apa yang kau katakan dan menepati janji-janjimu, bahwa kau memperlakukan orang dengan hormat. Mereka mengajarkan dan menunjukkan pada saya nilai-nilai dan moral dalam kehidupan sehari-hari mereka. Itulah pelajaran yang saya teruskan pada anak kami.

Dan kami perlu meneruskan pelajaran-pelajaran itu pada banyak generasi selanjutnya. Karena kami ingin anak-anak kami di negara ini tahu bahwa satu-satunya batasan untuk pencapaianmu adalah kekuatan mimpi-mimpimu dan kemauanmu untuk mengusahakannya.

Pidato tersebut dianggap menyerupai kalimat yang pernah dilontarkan oleh Michelle Obama pada 25 Agustus 2008, yaitu:

Dan Barack dan saya dibesarkan dengan begitu banyak nilai-nilai yang sama: bahwa kau harus bekerja keras untuk apa yang kau inginkan dalam hidup, bahwa perkataanmu adalah ikatanmu dan kau melakukan apa yang kau katakan akan kau lakukan, bahwa kau memperlakukan orang dengan martabat dan rasa hormat, bahkan jika kau tidak mengenal mereka, dan bahkan jika kau tidak setuju dengan mereka.

Dan Barack dan saya ingin membangun kehidupan dengan panduan nilai-nilai ini, dan untuk meneruskannya kepada generasi selanjutnya. Karena kami ingin anak kami – dan semua anak di negara ini – mengetahui bahwa satu-satunya batas tinggi pencapaianmu adalah jangkauan mimpimu dan kemauanmu mengusahakannya.

Sebelum membacakan pidatonya malam itu, Melanie engatakan kepada wartawan NBC Matt Lauer, “Saya membacanya sekali, itu saja, karena saya yang menulisnya… mungkin dengan sedikit bantuan.”