Ini Alasan Budi Waseso Tidak Hadiri Pelantikan Kapolri

506

LF23QauvGE

kanalberita.net – Pada acara pelantikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Istana Negara, Rabu (13/7/2016) nampak dihadiri perwira Polri termasuk jajaran berpangkat bintang tiga. Namun dalam deretan perwira tersebut tidak kelihatan Komjen Pol Budi Waseso.

Dilansir dari sindonews.com, disebutkan jika Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) tersebut mengaku sedang mempunyai agenda lain. Pria yang akrab disapa Buwas tersebut menyatakan telah mengutus seorang perwakilan untuk menghadiri pelantikan tersebut.

“Kan ada pertemuan dengan beberapa yang tertunda termasuk Gubernur BI. Makanya diwakilkan kemarin‎,” ujar Budi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Meski demikian, Buwas mengaku telah memberikan ucapan secara langsung kepada Kapolri saat acara serah terima jabatan (sertijab) di Komplek Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta Selatan.

“Karena ini langsung diperintah (Presiden) untuk ke sini, jadi saya tidak ikut pisah sambut di sana,”‎ tandasnya.

Seperti yang telah diketahui, jika Tito Karnavian kini resmi menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti. Tito dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Rabu (13/7/2016).

Pengangkatan Jendral Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri sempat menuai polemik karena tidak sesuai tradisi sebelumnya, dimana Kapolri dipilih dari jendral bintang tiga yang paling senior. Tito secara angkatan dianggap junior dibanding beberapa nama lainnya, seperti Komjen Pol Budi Waseso, Komjen Pol Budi Gunawan dan beberapa yang lainnya.