Merasa Tertekan, Jessica Buka Baju di Ruang Sidang

336

4ec12a4b-86da-4d64-816e-aeb43190ea0e_169

kanalberita.net – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menggelar sidang lanjutan pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso. Pada sidang tersebut, Jessica membuka baju karena merasa tertekan dengan baju tahanan yang dia kenakan selama persidangan.

Dilansir dari sindonews.com, disebutkan bahwa pada sidang ke-empat yang diagendakan mendengar keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) tersebut ketua tim kuasa hukum Jessica yakni Otto Hasibuan meminta ijin kepada Ketua Majelis Hakim Kisworo agar baju tahanan yang dipakai oleh terdakwa ditanggalkan.

“Berdasarkan Pasal 154 KUHAP, harus pakai bebas, buka baju tahanan. Maka dari itu kami minta hal itu yang Mulia,” kata Otto pada Hakim Kisworo dalam persidangan di PN Jakarta Pusat pada Selasa, (12/7/2016).

Menurutnya, pakaian tersebut membuat terdakwa tertekan. Dia kemudian memberikan contoh di persidangan lain dimana terdakwa selalu melepas baju tahanannya.

“Pakaian tersebut secara psikis bisa membuat tertekan, di Indonesia di sidang Tipikor pasti dibuka, enggak pernah tidak dibuka,” tambah tuturnya.

JPU Ardito Muwardi sempat mengajukan keberatan atas permintaan tersebut, dirinya meminta Hakim Kisworo menolak permohonan tersebut. “Kami keberatan dibuka bajunya,” kata Ardito.

Hakim Kisworo lantas bertanya langsung kepada Jessica apakah dirinya merasa tertekan dengan menggunakan baju tahanan tersebut. Jessika kemudian menjawab jika dirinya merasa tertekan.

Berdasarkan jawaban tersebut, Hakim Kisworo lantan memberikan izin kepada Jessika untuk membuka baju tahanannya. Meski demikian, Jessica diwajibkan untuk memakainya lagi seusai persidangan.

“Maka majelis sepakat dibuka baju tahanan, namun, usai sidang, baju harus dipakai lagi,” tutup Hakim Kisworo.