SBY: Saya Tiga Kali Naikkan Pangkat Jenderal Tito

562

1398068274senyum_sby

kanalberita.net – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya akhirnya angkat bicara perihal penunjukan Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

SBY menyatakan bahwa Tito adalah sosok perwira yang memiliki prestasi yang cukup baik. Ketua Umum Partai Demokrat tersebut menyatakan bahwa dirinya waktu masih menjadi Presiden telah tiga kali menaikan pangkat Tito.

“Saya dengan tegas harus menyampaikan, bahwa Jenderal Tito Karnavian ini cakap dan mampu untuk mengemban tugas jadi Kapolri. Potensinya baik, lantas prestasinya baik, rekam jejaknya juga baik. Saya tiga kali naikkan pangkat Jenderal Tito ketika itu,” ujar SBY dalam video yang diunggah di akun Youtube, Kamis (16/6/2016).

Menurutnya, Presiden Jokowi tidak salah dalam menentukan pilihannya. Tito merupakan polisi yang punya kapasitas untuk menggantikan Jendral Badrodin Haiti yang akan masuk masa pensiun.

“Presiden Jokowi tepat dan tidak salah dalam mencalonkan Jenderal Tito untuk menggantikan Jenderal Badrodin,” katanya.

Meski demikian, SBY mengakui jika penunjukan tersebut akan menimbulkan polemik terkait masih banyaknya senior lainnya yang sebelumnya dianggap akan dicalonkan jadi Kapolri.

“Dengan penunjukan Jenderal Tito, pasti ada yang kecewa. Mungkin senior-seniornya bintang tiga berharap terpilih. Namun, kecewa itu hak setiap orang,” ujar SBY.

SBY menegaskan bahwa karena itu adalah pilihan dari Presiden, maka para senior Tito harus maklum dan patuh terhadap keputusan tersebut.

“Pada akhirnya, yang disebut para senior Pak Tito itu akan patuh dan hormati Pak Tito sebagai pimpinannya,” ucap SBY.