Di Daerah Ini Ada Ribuan Orang Terkena Virus HIV Karena Transfusi Darah

256

kanalberita.net – Setidaknya dalam 17 bulan terakhir ada 2.234 warga terkena virus HIV saat mereka menerima transfusi darah dari berbagai rumah sakit. Informasi mengenai ribuan warga india terinfeksi virus mematikan tersebut diungkapkan National Aids Control Organisation (NACO) negara itu, setelah pengggiat Chetan Kothari mengajukan petisi.

Dilansir dari bbc.com, disebutkan bahwa Kothari terkejut dengan data tersebut. India memiliki 2.9 juta penduduk yang mengidap HIV Aids.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa angka tertinggi pasien yang teriinveksi HIV karena terkontaminasi saat melakukan transfusi darah di rumah sakit berasal dari negara bagian Uttar Pradesh. Pada daerah tersebut ada 361 kasus. Sementara itu, pada negara bagian di barat diungkap oleh Kothari ada 292 kasus di Gujarat Maharashtra dengan 276 kejadian. Sedangkan untuk ibu kota India, Delhi, di urutan keempat dengan 264 kasus.

Kothari juga menduga bahwa data tersebut diambil dari institusi pemerintah. Dirinya meyakini bahwa jumlah sebenarnya bisa berkali-kali lipat dengan data yang telah dikeluarkan.

“Ini adalah data resmi yang diberikan organisasi yang dijalankan pemerintah, NACO. Saya yakin angka sebenarnya dapat menjadi dua atau tiga kalinya,” kata Kothari.