Begini Pendapat Jussuf Kalla Tentang Pesantren Gontor

228

kanalberita.net – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)menyatakan jika pondok pesantren punya peranan penting di dalam pertumbuhan dan perkembangan pendidikan di Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, JK menegaskan hal tersebut ketika menyampaikan sambutan saat rangkaian kegiatan Milad ke-90 Pondok Pesantren Modern Gontor di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Wapres memberikan penegasan jika pesantren mempunyai peran dalam moderinisasi pendidikan. Modernisasi yang ia maksud bukanlah sebatas pada tampilan, melainkan pola pikir santri yang menempuh pendidikan di sana.

“Bukan modern pakai jas, tapi cara berpikir dan berbuat. Bagaimana cara bertindak. Dengan modal pengetahuan kita bisa mengubah bangsa,” kata Kalla.

Dirinya memberikan contoh bagaimana dulu Gontor mengembangan sistem pesantren modern. Meski demikian, definisi modern dalam filosofi Gontor tidak sama persis dengan konsep modern belakangan ini

“Dan, Gontor tentu mengikuti dinamika yang ada,” kata dia.

Pada pidatonya tersebut, JK juga menyatakan pujiannya kepada pendidikan Gontor yang telah membuktikan kualitasnya dengan melahirkan banyak sosok pemimpin. Tidak sekedar pemimpin pada level daerah, Gontor juga mampu menelorkan pemimpin lembaga di kancah internasional.

“Kita tahu alumni Gontor penuhi banyak ruang dan fungsi negeri ini. Ada Pak Hidayat, ada Pak Fachir (Wakil Menteri Luar Negeri). Itu yang di pusat,” kata dia.