Gubernur Sulut Dikabarkan Jadi Menteri, Bupati Ini Menolak Keras

326

kanalberita.net – Gonjang ganjing tentang akan adanya reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) memunculkan nama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD). Nama tersebut santer akan menduduki posisi sebagai menteri.

Akan tetapi isu tersebut langsung mendapat penolakan keras dari beberapa kalangan, termasuk diantaranya adalah Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap.

Dilaporkan oleh jpnn.com, disebutkan jika James dengan tegas tidak menginginkan OD menjadi menteri.

“Menurut saya harus ditolak. OD tidak boleh menteri. Saya menolak,” tegas James, Rabu (25/5/2016).

James menegaskan jika masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan OD di Sulut.

“OD harus berbuat dulu untuk Sulut,” katanya lagi.

Dirinya juga menyatakan jika OD jadi menteri, itu hanya membesarkan namanya sendiri. Sementara jika bertahan jadi Gubernur maka OD bisa berbuat banyak untuk membesarkan masyarakat Sulut.

“Kalau menteri memikirkan semua provinsi. Selain itu, jika menteri hanya menguntungkan nama besar OD seorang. Beda jika gubernur. Begitu OD berbuat untuk rakyat Sulut, dia akan dikenang terus. Pendek kata, akan rugi rakyat Sulut jika OD menteri. Banyak pekerjaan di berbagai bidang harus dituntaskan OD untuk Sulut,” pungkasnya.

Hal senada juga diutarakan oleh dosen di Universitas Negeri Manado, Max G Ruindungan. Dia beranggapan bahwa masyarakat Sulut masih membutuhkan OD.

“Kenapa? Karena sosok kepemimpinannyalah yang sebenarnya diperlukan untuk mensejahterakan masyarakat Sulut,” ujar dosen tersebut.